Imam Ibnu al-Qayyim membuat perbandingan antara ilmu dan harta.
Beliau menjelaskan ada lebih dari 150 sisi yang membuktikan bahwa ilmu lebih baik daripada harta.
Di antara yang paling menakjubkan yang beliau sebutkan adalah sisi ini.
Beliau berkata, “Bahkan anjing menjadi mulia karena ilmu.”
Beliau menjelaskan, “Allah menjadikan hasil buruan anjing yang tidak dilatih sebagai bangkai, haram dimakan.
Namun, Allah menghalalkan hasil buruan dari anjing yang diajari berburu.”
Baik, hasil buruan dari anjing yang pertama haram, dan hasil buruan anjing yang kedua halal. Apa perbedaan antara keduanya?
Bedanya, anjing yang satu diajari berburu dan anjing yang lain tidak diajari.
Jadi, hasil buruan anjing yang diajari berburu hukumnya halal.
Jika anjing saja menjadi mulia karena ilmu, maka bagaimana menurutmu dengan manusia?
Ilmu tidak dapat dibandingkan dengan apa pun!
Oleh sebab itu, Allah Subhanah berfirman, “Katakanlah: Apakah sama antara orang-orang yang mengetahui dan yang tidak?” (QS. az-Zumar: 9)
====
عَقَدَ الْإِمَامُ ابْنُ الْقَيِّمِ مُقَارَنَةً بَيْنَ الْعِلْمِ وَالْمَالِ
وَبَيَّنَ أَنَّ الْعِلْمَ أَفْضَلُ مِنَ الْمَالِ مِنْ أَكْثَرَ مِنْ مِئَةٍ وَخَمْسِيْنَ وَجْهًا
وَكَانَ مِنْ عَجِيْبِ مَا ذَكَرَ هَذَا الْوَجْهَ
يَقُولُ حَتَّى الْكِلَابِ تَشْرُفُ بِالْعِلْمِ
قَالَ جَعَلَ اللهُ صَيْدَ الْكَلْبِ الْجَاهِلِ مَيْتَةً يَحْرُمُ أَكْلُهَا
وَأَبَاحَ صَيْدَ الْكَلْبِ الْمُعَلَّمِ
طَيِّبٌ صَيْدُ هَذَا الْكَلْبِ حَرَامٌ وَصَيْدُ هَذَا الْكَلْبِ حَلَالٌ مَا الْفَرْقُ بَيْنَهُمَا؟
أَنَّ هَذَا الْكَلْبَ مُعَلَّمٌ وَهَذَا الْكَلْبَ جَاهِلٌ
فَصَيْدُ الْكَلْبِ الْمُعَلَّمِ حَلَالٌ
فَإِذَا كَانَتِ الْكِلَابُ تَشْرُفُ بِالْعِلْمِ مَا بَالُكَ بِبَنِي آدَمَ؟
الْعِلْمُ لَا يَعْدِلُهُ شَيْءٌ
وَلِذَلِكَ قَالَ سُبْحَانَهُ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِيْنَ يَعْلَمُوْنَ وَالَّذِيْنَ لَا يَعْلَمُوْنَ